Tips Membeli Apartemen dengan Gaji 3 Jutaan


Tips Membeli Apartemen dengan Gaji 3 Jutaan

Siapa bilang dengan gaji 3 jutaan Anda tidak bisa membeli apartemen? Nyatanya, banyak hal yang bisa dilakukan agar gaji yang Anda dapatkan per bulannya bisa menutupi kebutuhan serta membeli hunian impian.

Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya yang dilansir dari Olympic Residence Sentul di bawah ini.

Menabung

Hal yang sudah pasti harus dilakukan adalah menabung. Sebisa mungkin sisihkan pendapatan bulanan minimal sepertiga dari total gaji. Dengan begini, impian untuk memiliki apartemen akan lebih cepat tercapai.

Tentukan Harga Apartemen

Selanjutnya, tentukan harga apartemen yang diinginkan. Hal ini berkaitan dengan budget yang sudah Anda tabung. Jangan sampai karena harga apartemen terlalu tinggi, keuangan Anda jadi terganggu.

Manfaatkan KPA

Sebenarnya, banyak cara yang bisa memudahkan Anda dalam membeli apartemen. Salah satunya adalah program KPA yang disediakan oleh bank. Program ini membantu masyarakat berpenghasilan kurang dari 3 juta rupiah untuk mendapatkan apartemen.

Siapkan Uang Muka (DP)

Uang muka alias DP adalah biaya yang harus Anda siapkan di awal. Untuk KPA sendiri, Anda harus menyiapkan 20-30% dari harga apartemen sebagai down payment (DP) + 10% untuk membayar biaya notaris dan pajak-pajak.

Dana ini bisa dipersiapkan dengan menabung 1-3 tahun sebelumnya. Agar lebih cepat, konsentrasikan bonus, THR, dan pendapatan sampingan untuk tabungan ini.

Bebas dari Hutang

Jika sudah memiliki hutang, prioritas pertama Anda pastinya adalah segera melunasi hutang-hutang tersebut. Jika begini, keuangan Anda untuk membeli apartemen tidak akan terganggu dengan adanya hutang. Terlalu banyak cicilan akan membuat Anda kesulitan membagi dana untuk membayarnya.

Berhenti Menggesek Kartu

Stop menjadi konsumtif! Mulailah untuk menggunakan uang tunai dan meninggalkan kartu kredit. Dengan begitu, Anda dapat memonitor persediaan uang yang sebenarnya, sehingga pembelian barang-barang masih bisa terkendali.

Siapkan Dana Darurat

Meski fokus Anda adalah menabung membeli apartemen, Anda tetap harus menyiapkan dana untuk kebutuhan darurat. Besarannya sekitar 5-10% dari penghasilan. Dana ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan mendadak sehingga tak sampai mengganggu tabungan untuk membeli rumah.

Itulah beberapa tips membeli apartemen dengan penghasilan pas-pasan. Asalkan Anda tekun dan konsisiten dalam menjalankan, apartemen impian pasti akan segera Anda miliki. Semoga berhasil!

Komentar

Postingan Populer