Mau Beli Apartemen? Pastikan 3 Sistem Keamanan Ini Tersedia!


Mau Beli Apartemen? Pastikan 3 Sistem Keamanan Ini Tersedia!

Faktor-faktor yang diperhatikan sebelum membeli apartemen adalah lokasi, fasilitas internal dan eksternal, serta kemudahan akses. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya terdapat faktor lain yang tak kalah penting dan harus Anda cek, salah satunya adalah keamanan.

Meskipun apartemen terkenal sebagai salah satu hunian dengan tingkat keamanan yang baik, tapi tak ada salahnya kan jika Anda mengecek kembali sistem keamanan yang digunakan?

Terdapat 3 hal mengenai keamanan apartemen yang harus Anda ketahui. Apa sajakah? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

CCTV


CCTV merupakan sistem keamanan utama yang harus ada tak hanya di apartemen, namun juga di hampir di semua tempat seperti ruko, tempat perbelanjaan hingga gedung kantor. Tujuan dari pemasangan CCTV adalah untuk mengawasi gerak-gerik orang di sekitar.

Biasanya alat ‘pengintai’ ini diletakan pada lift, lobby, lorong apartemen, halaman gedung, dan basement atau tempat parkir. Secara tidak langsung, penggunaan CCTV juga membantu kerja petugas keamanan dan dapat menjadi bukti untuk mengungkap tindak kriminal.

Petugas Keamanan 24 Jam


Adanya petugas keamanan (security) di tempat-tempat ramai adalah hal mutlak yang harus ada. Biasanya, sebuah apartemen akan dijaga oleh lebih dari 20 orang petugas yang memegang peran dan bagian masing-masing.

Misalnya, petugas keamanan untuk menjaga pintu gerbang (pos) keluar/masuk gedung, ada juga yang menjaga pintu apartemen, lobby, maupun disetiap lantai apartemen.

Access Card System


Access Card System adalah suatu sistem berupa kartu yang dapat dipakai oleh penghuni, pengunjung serta tenant untuk mengakses segala tempat yang ada di apartemen. Jika menjadi penghuni, Anda akan dibuatkan ID sistem elektronik dan diberikan access card oleh pihak apartemen.

Penggunaan sistem ini akan menghindari orang lain selain pemilik apartemen atau yang disebutkan di atas memasuki kawasan apartemen. Dengan begini, potensi terjadinya pencurian atau kemalingan menjadi lebih kecil.

Access card ini juga dilengkapi dengan pengamanan darurat. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kebakaran, maka pintu akan terbuka otomatis setelah ada sinyal dari Fire Alarm System.

Itulah 3 hal mengenai keamanan yang harus Anda perhatikan sebelum membeli apartemen. Semakin lengkap sistem keamanan yang tersedia tentu akan semakin baik apartemen tersebut untuk ditinggali.

Komentar

Postingan Populer