Tips Jitu Memilih Funitur Untuk Apartemen Studio

Tips Jitu Memilih Funitur Untuk Apartemen Studio

Kebutuhan masyarakat akan hunian kian haru kian meningkat. Hal inilah yang menjadikan pembangunan apartemen sebagai alternatif hunian selain rumah, terus bertambah. Nah, salah satu tipe apartemen yang diminati oleh banyak orang adalah apartemen tipe studio. Tapi, tinggal di apartemen studio bukan perkara mudah lho. Ukurannya yang kecil menjadikan penghuninya harus berpikir ekstra dalam hal menata desain interior.

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat mendesain interior apartemen studio adalah menata letak ruang apartemen. Langkah selanjutnya adalah memilih funitur untuk mengisi ruangan tersebut. Funitur yang dipilih sebaiknya sesuai dengan kapasitas ruangan yang ada. Nah, supaya Anda tidak salah pilih furnitur, yuk simak tips memilih furnitur untuk apartemen studio di bawah ini.

Tips Memilih Furnitur Untuk Apartemen Tipe Studio

Secara garis besar ada tiga poin yang dapat dilakukan dalam menentukan funitur untuk apartemen studio Anda. Poin pertama adalah menentukan kebutuhan (needs); poin kedua adalah menentukan keinginan (wants) atau selera (desire); dan poin ketiga, yaitu menentukan biaya (budget) untuk pengadaan funitur tersebut.
           
Poin Pertama: Kebutuhan

Biasanya kebutuhan dasar yang pasti harus ada pada sebuah apartemen adalah tempat tidur, kursi, meja, tempat rias dan lemari pakaian. Pastikan bahwa funitur-funitur tersebut telah masuk dalam pencatatan sehingga Anda dapat merasakan manfaatnya tatkala Anda telah siap menempati apartemen.

Poin Kedua: Keinginan dan Selera

Poin selanjutnya setelah Anda memperoleh daftar funitur yang hendak dibeli yaitu menentukan keinginan (wants) atau selera (desire). Poin ini bisa saja meliputi pemilihan perpaduan warna dinding dengan funitur, menentukan ukuran, mencari funitur-funitur yang fungsional, menentukan desain-desain yang sesuai dengan selera dan memilih bahan funitur.

  1. Perpaduan warna dinding dengan funitur
Jika Anda menggunakan cat warna biru pastel pada dinding ruang apartemen studio, maka untuk warna funitur, Anda dapat memilih warna biru tua dan atau putih gading. Perpaduan warna-warna ini akan memberi kesan indah dan nyaman pada apartemen.

  1. Ukuran Funitur
Pilihlah funitur yang berukuran minimalis. Ruang apartemen studio akan terlihat lebih luas jika menggunakan funitur-funitur minimalis. Sebagai contoh, Anda bisa meletakkan sofa minimalis  di sudut ruangan jika memang diperlukan.

  1. Funitur Fungsional
Hal yang harus Anda hindari adalah meletakkan funitur yang tidak memiliki fungsi apa-apa bagi Anda. Meja berlaci mungkin bisa Anda jadikan pilihan furnitur untuk apartemen studio. Karena selain bermanfaat untuk alas menulis dan membaca, Anda juga dapat memanfaatkan laci di bawanya sebagai tempat menyimpan majalah atau buku bacaan Anda.

  1. Desain Funitur
Bentuk funitur seperti bulat, elips, atau kotak bisa menjadi pilihan untuk kursi tempat rias. Anda juga dapat meletakkan rak kayu berbetuk prisma segitiga pada ruangan-ruangan bersudut (pojok).

  1. Bahan Funitur
Bahan-bahan dari bambu atau rotan dapat memberi kesan natural pada ruang apartemen. Begitupula lantai kayu juga memberi kesan bersahabat dan kenyamanan. Coba Anda bandingkan dengan funitur-funitur berbahan metal? Apakah Anda suka? Jawabannya ada pada diri Anda. Sebagai saran, pilihlah bahan seperti kaca atau mika yang transparan untuk meja rias sehingga untuk memberikan ilusi lebih luas pada apartemen.

Poin Ketiga: Budget

Terakhir, perhitungkan masalah biaya (budget). Apalah artinya funitur yang telah Anda pilih tanpa ada biaya untuk mewujudkannya. Ketika Anda menentukan funitur dengan biaya lebih tinggi dari dana yang tersedia, bagaimana mungkin Anda memperoleh funitur-funitur tersebut untuk mengisi ruang di apartemen?

Solusinya, mungkin Anda bisa memperoleh furnitur-furnitur tersebut dengan cara kredit.  Tapi sebaiknya hal ini dihindari karena mengkredit furniture justru akan menambah beban pengeluaran Anda. Maka dari itu, pastikanlah bahwa biaya pengadaan funitur telah sesuai dengan dana yang Anda miliki.


Nah, itulah beberapa tips memilih furnitur untuk apartemen studio. Yang terpenting adalah pilih furnitur yang tidak akan membuat ruangan semakin sempit. So, happy decorating!

Komentar

Postingan Populer