5 Cara Mudah Mendapatkan Rumah Sejuk Meski Tanpa AC

Rumah sejuk tanpa AC

Penggunaan pendingin ruangan (AC / air conditioner) bukanlah hal yang tabu, apalagi di kawasan perkotaan yang cuacanya terasa semakin panas setiap harinya. Banyak orang yang memilih untuk memasang AC di dalam rumah untuk menyejukkan ruangan. Padahal, penggunaan AC dalam jangka waktu panjang dapat berdampak pada kondisi ligkungan lho, seperti pemanasan global atau biasa disebut global warming.

Sebenarnya, masih ada cara lain untuk mendapatkan rumah sejuk meskipun tanpa AC. Ingin tau gimana caranya? Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyejukkan ruangan walau tanpa AC.

Matikan Alat Elektronik

Peralatan elektronik yang menyala dapat meningkatkan suhu panas di dalam ruangan, khususnya TV dan komputer yang merupakan penyumbang energi panas paling besar. Maka dari itu, perhatikanlah penggunaan kedua barang ini. Segera matikan dan lepas kabel dari stop kontak setelah barang-barang tersebut digunakan.

Selain itu, kebiasaan membiarkan charger ponsel menempel pada stop kontak ternyata juga dapat membuat ruangan terasa panas lho. Jangan biarkan charger ponsel menempel pada stop kontak saat tak digunakan, sebab kabel yang terpasang sebenarnya masih dialiri listrik dan dapat memicu peningkatan suhu dalam ruangan.

Menjaga Sirkulasi Udara

Agar rumah tidak terasa panas, Anda bisa meletakkan tanaman indoor yang dapat menyerap zat berbahaya di dalam ruangan. Tanaman tersebut dapat diletakkan di dekat alat elektronik seperti TV atau komputer. Cara ini ampuh untuk membuat rumah sejuk tanpa AC.

Hindari Masuknya Sinar Matahari Berlebih

Sinar matahari yang terik dapat menjadi penyebab rumah yang panas lho. Maka dari itu, gunakanlah gorden atau tirai pada jendela untuk menghalangi masuknya sinar matahari berlebih. Atau, Anda bisa memasang kaca film sebagai filter cahaya untuk membantu mengurangi jumlah cahaya yang masuk.

Perhatikan Penggunaan Lampu

Agar dapat menciptakan rumah sejuk tanpa AC, perhatikan penggunaan lampu di dalam rumah. Coba lihat, apakah masih ada lampu yang menyala saat sedang tak digunakan? Jika ya, maka segera matikan lampu tersebut karena sebenarnya semua lampu mengeluarkan panas. Akan lebih baik jika Anda mengganti semua bohlam dengan teknologi energi efisien dan ramah lingkungan.

Membuat Pendingin Udara Buatan

Nah, cara terakhir untuk menciptakan rumah sejuk tanpa AC adalah dengan membuat pendingin ruangan buatan sendiri. Caranya, siapkan sebuah kipas angin meja dengan semangkuk air es atau es batu di depannya. Kemudian, biarkan kipas meniupkan butiran air dingin ke seluruh ruangan. Tada! Rumah pun akan terasa sejuk meskipun tanpa AC.


Begitulah 5 cara untuk mendapatkan rumah sejuk meski tanpa AC. Sekarang, Anda bisa lebih bersahabat dengan lingkungan ‘kan? Happy trying!

Komentar

Postingan Populer